Macam-Macam Layanan di Internet


Ada banyak layanan di internet. Layanan internet sangat membantu pekerjaan manusia. Berikut macam-macam layanan yang ada di internet.

a. E-mail (electronic mail) atau surel (surat elektronik)

E-mail atau surel merupakan layanan untuk mengirimkan surat melalui media elektronik. Berikut adalah beberapa layanan e-mail atau surel yang biasa digunakan oleh masyarakat.

1. Layanan Gmail dari Google
2. Layanan Yahoo mail dari Yahoo
3. Layanan Microsoft Outlook dari Microsoft

Ketika menggunakan layanan e-mail, kita harus memiliki akun. Akun merupakan catatan tentang data pribadi, seperti nama pengguna, kata sandi, dan hak untuk mengakses jaringan atau sistem internet secara daring (online). Ada banyak jenis layanan e-mail atau surel, baik yang dapat digunakan secara gratis maupun berbayar. Hal tersebut disesuaikan dengan kebutuhan pengguna layanan

b. Browsing

Browsing merupakan layanan untuk mencari atau menjelajah informasi yang ada di internet. Kegiatan ini dapat dilakukan dengan menggunakan program web browser (peramban web). Berikut adalah layanan peramban web yang biasa digunakan oleh masyarakat.

1. Google Chrome
2. Internet Explorer
3. Mozilla Firefox
4. Opera
5. Safari

c. Downloading dan uploading 

Download (mengunduh) berarti menyalin informasi dari internet. Download biasa dilambangkan dengan tanda panah ke bawah. Sementara itu, upload (mengunggah) berarti memberikan informasi ke internet. Upload biasa dilambangkan dengan tanda panah ke atas.

d. Blogging

Blogging merupakan layanan untuk kegiatan menulis di internet, misalnya menulis catatan harian. Manfaat blogging di antaranya belajar menulis, belajar mengungkapkan ide dalam tulisan, dan belajar berbagi informasi. Berikut layanan blogging yang biasa digunakan oleh masyarakat 

1. Layanan Blogger
2. Layanan Wordpress

e. Chatting

Chatting atau Internet Relay Chat (IRC) merupakan layanan komunikasi antara dua orang atau lebih yang jaraknya jauh. Layanan chatting biasa terdapat pada media sosial, seperti Facebook, Twitter, WhatsApp, Line, YouTube, dan Instagram. Berikut adalah logo beberapa media sosial.

1. Facebook
2. Twitter
3. WhatsApp
4. You Tube
5. Line
6. YouTube
7. Instagram

Ingatlah bahwa kita harus bersikap bijak dan berhati-hati saat menggunakan layanan chatting. Mintalah bimbingan dari guru atau oran tuamu saat menggunakan layanan tersebut.

f. Searching

Searching merupakan layanan pencarian informasi. Untuk melakukan searching, kamu dapat menggunakan search engine (mesin pencari) sebagai mesin pembantu dalam pencarian situs tersebut. Berikut layanan searching yang dapat digunakan untuk mencari berbagai informasi.

1. Google
2. Bing

g. E-Commerce

E-commerce merupakan layanan untuk melakukan pemesanan dan pembelian barang secara daring (online). Dengan layanan ini, kita tidak perlu pergi ke toko untuk berbelanja. Namun, kita perlu berhati-hati saat berbelanja menggunakan layanan ini. Kita perlu bimbingan dari guru atau orang tua.

h. E-Banking

E-banking merupakan layanan untuk proses transaksi uang agar berjalan dengan cepat. Nasabah tidak perlu pergi ke bank atau ATM (Anjungan Tunai Mandiri) untuk melakukan transfer uang. Saat ini, sudah banyak bank yang menyediakan aplikasi pada telepon pintar (smartphone) sehingga transfer uang dapat dilakukan setiap waktu.

i. E-Government

E-Government merupakan layanan dari pemerintah kepada masyarakat dengan memanfaatkan teknologi informasi. Contoh e-government, yaitu situs pemerintah pusat dan situs pemerintah daerah. Contoh situs pemerintah pusat, yaitu www.ri.go.id, www.dpr.go.id, dan www.pajak. go.id. Contoh situs pemerintah daerah, yaitu acehprov.go.id, jakarta.go.id, dan sulawesitenggaraprov.go.id.

j. E-Learning

E-Learning merupakan layanan pembelajaran elektronik. Layanan ini menggunakan konsep guru dan siswa tidak bertatap muka secara langsung saat siswa belajar. Dengan layanan ini, siswa dapat mengulang-ulang materi yang telah diajarkan.

Informatika untuk SD/MI kelas VI
Lebih baru Lebih lama