Rangkuman Kisi-kisi Bab 3 : Perkembangan Komputer
1. Komputer mengalami perkembangan dari masa ke masa
2. Perkembangan komputer terbagi dalam beberapa generasi, yaitu generasi pertama yang menggunakan tabung vakum sehingga berukuran besar sampai generasi kelima yang menerapkan teknologi kecerdasan buatan.
3. Komputer hanya dapat memahami bahasa mesin.
4. Bahasa mesin adalah sekumpulan bilangan biner yang dapat dibaca dan dipahami oleh komputer.
5. Sistem bilangan biner atau sistem bilangan basis dua adalah sistem penulisan angka dengan hanya menggunakan dua simbol, yaitu 0 (nol) dan 1 (satu).
6. Bilangan biner atau binary digits disingkat menjadi bit (bits).
7. Bilangan biner di dalam komputer biasanya disimpan dalam kelompok berisikan delapan bit, yang disebut bita (byte).
8. Bahasa pemrograman terus berkembang hingga menjadi semakin mudah digunakan.
9. Bahasa pemrograman mulai berkembang dari bahasa generasi pertama (bahasa mesin) hingga kelima.
10. Agar dapat dipahami oleh komputer, bahasa pemrograman harus diterjemahkan dulu oleh program kompilator.
11. Proses penerjemahan bahasa pemrograman menjadi bahasa mesin disebut kompilasi.
12. Perkembangan teknologi komputer berdampak terhadap masyarakat.
13. Contoh dampak teknologi komputer, antara lain diciptakannya sistem belanja daring, buku elektronik, robot, sistem pembelajaran elektronik, komputasi awan, GPS, dan konsol permainan.
14. Komputer generasi pertama menggunakan tabung vakum
15. Contoh komputer generasi pertama adalah eniac
16. Komputer generasi kedua menggunakan transistor yang lebih kecil dari tabung vakum
17. Contoh komputer generasi kedua adalah IBM 7070
18. Komputer generasi ketiga menggunakan circuit terpadu yang ditanam dalam badan komputer
19. Komputer generasi keempat menggunakan mikroprosesor atau lebih dikenal dengan nama CPU
20. Komputer generasi kelima adalah pengembangan AI, AI adalah teknologi pengenal suara
21. Z1 adalah komputer elektromekanis pertama yang dapat diprogram
22. Mesin Turing adalah konsep mesin yang menjadi dasar teori komputasi dan komputer
23. Z3 merupakan mesin penghitung yang dapat menjalankan program sepenuhnya
24. Konrad Zuse pencipta Z1 dan Z3
25. Sistem bilangan biner ditemukan oleh ahli matematika Jerman bernama Gottfried Leibniz
26. Belanja daring adalah kegiatan jual beli barang atau jasa yang dilakukan secara online, contoh situs perdagangan elektronik Indonesia adalah Tokopedia, Bukalapak dan Blibli
27. Robot merupakan mesin yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu
28. Robot industri digunakan di pabrik untuk melakukan pekerjaan yang rumit dan memerlukan ketepatan
29. Robot penjelajah planet dibuat untuk mempelajari benda langit di ruang angkasa
30. Robot medis digunakan dalam bidang kesehatan untuk membantu operasi
31. Robot Asimo adalah robot humanoid yang menyerupai manusia
Rangkuman Kisi-kisi Bab 4 : Konsep Dasar Pemograman
1. Pemrograman adalah proses menulis, memperbaiki, dan menguji program
2. Programmer atau pemrogram adalah orang yang melakukan pemrograman.
3. Algoritme adalah urutan langkah-langkah untuk melakukan kegiatan atau menyelesaikan masalah.
4. Algoritme dapat ditemui dalam kehidupan sehari-hari, misalnya resep untuk membuat kue bolu, langkah-langkah dalam menyelesaikan soal matematika, atau langkah langkah menggosok gigi.
5. Algoritme dalam ilmu komputer adalah urutan langkah atau proses dalam suatu program komputer.
6. Algoritme yang telah dibuat oleh programmer digunakan untuk menyusun kode dalam bahasa pemrograman, Selanjutnya, bahasa pemrograman akan diterjemahkan ke dalam bahasa mesin.
7. Algoritme dapat ditulis dalam bentuk narasi atau diagram alir (flowchart).
8. Diagram alir dibuat menggunakan simbol-simbol tertentu.
9. Conditional adalah bagian dari program yang akan bekerja jika sesuatu
pada program bernilai BENAR. Jika sesuatu pada program itu bernilai
TIDAK BENAR, program akan bekerja dengan cara berbeda.
10. Kemampuan berpikir komputasional dapat melatih otak untuk terbiasa berpikir logis, terarah, dan kreatif.
11. Algoritme yang dibuat untuk suatu program komputer harus ditulis dengan sangat detail atau rinci agar komputer dapat bekerja dengan tepat.
12. Kamu dapat membuat game sederhana menggunakan Microsoft PowerPoint dan Microsoft Excel.
Informatika untuk Kelas SD/MI Kelas V
