Menurut Sadiman dkk (2012) secara umum media mempunyai keunggulan-keunggulan sebagai berikut:
1. Memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalitis (dalam bentuk kata-kata lisan belaka)
2. Mengatasi keterbatasan ruang, waktu, dan daya indera.
Penggunaan media secara tepat dan bervariasi dapat mengatasi sifat pasif anak didik. Dalam hal ini media berguna untuk menimbulkan kegairahan belajar, memungkinkan interaksi yang lebih langsung antara anak didik dan lingkungan serta kenyataan, dan memungkinkan anak didik belajar sendiri-sendiri menurut kemampuan dan minatnya.
Dengan sifat yang unik pada tiap siswa ditambah lagi dengan lingkungan dan pengalaman yang berbeda, sedangkan kurikulum dan materi Pendidikan ditentukan sama untuk setiap siswa, maka guru banyak mengalami kesulitan bilamana semuanya itu harus diatasi sendiri. Masalah ini dapat diatasi dengan media, yaitu kemampuannya dalam: memberikan perangsang yang sama, mempersamakan pengalaman serta menimbulkan persepsi yang sama.
Selain itu Faizi (2013) mengemukakan media pembelajaran memiliki fungsi dan peran khusus, diantaranya:
1. Menangkap suatu objek dan peristiwa. Peristiwa-peristiwa penting atau objek yang langka dapat diabadikan dengan foto, film, dan direkam melalui video atau audio, kemudian peristiwa itu disimpan dan digunakan manakala diperlukan.
2. Memanipulasi keadaan, peristiwa, atau objek. Melalui media pembelajaran, guru dapat menyajikan bahan pelajaran yang bersifat abstrak menjadi konkret, sehingga mudah dipelajari dan menghilangkan verbalisme.
3. Menambah motivasi belajar. Penggunaan media dapa menambah motivasi belajar siswa, sehingga perhatian siswa terhadap materi pembelajaran dapat meningkat.
Sumber : https://educhannel.id/blog/artikel/pengertian-teknologi-informasi-dan-komunikasi.html

Posting Komentar